Palangka Raya. Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) selalu digelar setiap tahun. Festival inimerupakan salah satu event kegiatan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari JadiProvinsi Kalimantan Tengah ke-67. Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah tahun inimengusung temaKalteng Bermartabat, Maju, dan Berkah.”

Dalam event Festival Budaya Isen Mulang tahun ini, pelbagai jenis perlombaan ataukompetisi pun digelar, di antaranya kompetisi atau perlombaan Vlog. Tim mahasiswa Prodi KPI yang berjumlah 3 orang mahasiswa dan mahasiswi turut berkompetisi denganmengirimkan hasil karyanya. Ketiganya adalah Ariani Safitri, Husnatun Zakiya, dan Toyyibash Shiddiqie.

Setelah melalui sejumlah tahapan kompetisi dan proses penilaian oleh dewan juri, karyaketiga mahasiswa tersebut terpilih dan ditetapkan menjadi juara ketiga. Pengumuman dan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba Vlog digelar pada Selasa, 28 Mei di aula kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, jalan Tjilik Riwut Km 5.

Ariani Safitri, mahasiswi semester 6, menjelaskan bahwa ajang kompetisi Vlog yang diikutimenjadi sarana penting untuk berkarya. Sebelumnya, ia dan kedua temannya bermusyawarahdan mendiskusikan ide untuk membuat sebuah karya Vlog yang dikompetisikan dalamFestival Budaya Isen Mulang.

Alhamdulilah kami bersyukur, karya kami berhasil menjadi juara ketiga dalam lomba vlog Festival Budaya Isen Mulang tahun 2024 ini. Tentu hal ini menjadi motivasi tersendiri agar kami ke depannya dapat menghasilkan karya-karya yang baik dan kompetitif di ajanglainnya,” ungkapnya.

Ia juga berharap agar para mahasiswa dan mahasiswi prodi KPI terus memotivasi diri untukberkarya dan berprestasi tidak hanya di bidang akademik. Dengan membuat sebuah karya, setidaknya ilmu-ilmu yang dipelajari selama kuliah dapat diterapkan dan dikembangkan. Kemampuan dan skill mahasiswa juga dapat semakin terasah. Ketiga mahasiswa tersebutmenegaskan bahwa menghasilkan sebuah karya tentu saja bukan sekadar untuk dilombakandan berharap menjadi juara, namun jauh lebih penting dari itu ialah beraktualisasi untukmengembangkan potensi diri dengan pengetahuan, kemampuan, dan skill yang dimiliki. Menurut mereka, segala sesuatu bergantung pada niat dan kemauan yang kuat. Di mana adakemauan, pasti ada jalan.