Dosen FUAD Dipercaya Menjadi Pemateri Workshop Pengembangan Program GenRe BKKBN

Palangkaraya – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Kalimantan Tengah melaksanakan rangkaian Workshop Pengembangan Program Generasi Berencana (GenRe) pada 29 Agustus hingga 6 September 2019. Dalam rangkaian workshop tersebut Mualimin yang merupakan dosen Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Palangka Raya dipercaya sebagai salah satu narasumber terkait Strategi Penguatan Literasi Media bagi GenRe.

Rangkaian workshop pengembangan program GenRe ini dilaksanakan sebanyak tiga kali dengan sasaran peserta yang berbeda. Tanggal 20 – 23 Agustus dengan peserta berasal dari pejabat Eselon IV dinas/instansi yang membidangi program GenRe se-Kalimantan Tengah. Tanggal 1 – 4 September dengan peserta berasal dari kader PIK-R Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah. Tanggal 4 – 6 September dengan peserta berasal dari Kader BKR se-Kalimantan Tengah.

Mualimin dalam penyampaian materinya menyebutkan bahwa media sosial pada dasarnya semakin mempermudah untuk menyebarkan dan menerima informasi yang terbaru. Namun di sisi yang lain maraknya penyebaran informasi bohong yang menyesatkan juga seringkali bersumber dari media sosial.

“Status sosial, jabatan, bahkan tingkat pendidikan bukan jaminan kebenaran informasi dari seseorang. Hal tersebut karena temuan dari riset yang sedang dilakukan menunjukkan masih banyak ditemukan orang yang berpendidikan hingga S3 dan aparat penegak hukum yang justru secara tidak sadar menyebar berita bohong melalui media sosial. Oleh karena itu dalam program GenRe perlu adanya penguatan keterampilan literasi media bagi semua individu yang terlibat dan peduli dengan program GenRe ini” ungkap Mualimin yang juga Pembina Forum GenRe dan mantan Duta Pemuda Kalimantan Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *